MAN 1 GRESIK SUKSES RAIH 33 TROFI DALAM PORSENI

MA KABUPATEN GRESIK TAHUN 2023

Kegiatan Porseni tahun 2023 yang diselenggarakan di MAN 1 Gresik berjalan cukup meriah. Ratusan pelajar dari berbagai kecamatan di Kabupaten Gresik berpartisipasi dalam pesta olah raga dan seni yang diselenggarakan dua tahun sekali. kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari yakni 9—10 Agustus 2023.

Dalam gelaran Porseni tahun ini, KKMA 01 bertindak sebagai tuan rumah. MAN 1 Gresik sebagai tuan rumah utama menyiapkan berbagai sarana pendukung, seperti Futsal yang diselenggarakan di GOR Tiga Putra. Bulu Tangkis yang diselenggarakan di GOR Tiga Putra dan LSSS Sembayat. Bola Voli yang diselenggarakan di MA Assa’adah dan MAN 1 Gresik. Tenis Meja diselenggarakan di PTM SPIN Bungah.

Kegiatan Porseni tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Kemenag Kabupaten Gresik di halaman MAN 1 Gresik. Tepat pukul 07.30, kegiatan Porseni dibuka dengan penampilan tim Paduan Suara MAN 1 Gresik. Para kepala madrasah, pejabat Kemenag dan Pokjawas diberikan tempat di atas panggung.

Di hadapan seluruh peserta Porseni, Kepala MAN 1 Gresik menyampaikan selamat datang kepada seluruh kontingen dari berbagai KKM di Kabupaten Gresik. menurutnya seluruh peserta yang hadir di MAN 1 Gresik ini merupakan berlian bagi madrasahnya masing-masing. Porseni tingkat kabupaten ini merupakan tahap awal menuju Porseni tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada bulan depan. Kalau toh pada pelaksanannya Porseni Provinsi ada penundaan pelaksaan, hal itu tidak menjadi masalah, yang terpenting, tetap memersiapkan diri sebaik mungkin.

Pada pelaksanaan Porseni tahun ini juga dilombakan cabang seni baru. Cabang seni baru tersebut yaitu cabang seni hadrah. Melalui perlombaan cabang seni hadrah tersebut diharapkan seni hadrah dapat dilestarikan di kalangan pelajar dan anak-anak muda.

Kepala Kemenag Kabupaten Gresik Bapak Dr. Moh. Ersat, M.H.I yang hadir dengan mengenakan jaket Porseni berwarna merah hati mengawali sambutannya dengan mengajak yel-yel seluruh peserta untuk membakar semangat seluruh kontingen. Setelah mengajak meneriakkan yel-yel Bapak Moh. Ersat melontarkan pantun kepada seluruh peserta. Di hadapan seluruh peserta Porseni, beliau mengucapkan syukur dapat bertemu dengan calon pemimpin masa depan, calon atlet masa depan, dan calon seniman masa depan. Menurutnya Gresik merupakan gudangnya siswa berprestasi. Hal itu dapat dibuktikan dengan kiprah pelajar yang telah meraih prestasi di tingkat nasional bahkan internasional.

Beliau berharap agar ajang Porseni ini jadi ajang seleksi untuk menuju Porseni Provinsi yang benar-benar murni secara jujur dan berkualitas. Bahkan sebelum beliau berpindah tugas di tempat lain, berharap mendapatkan kado terindah dari kontingen Kabupaten Gresik dengan menjadi Juara Umum Porseni Tingkat Provinsi Jawa Timur. Kalau sudah berlaga di tingkat provinsi, tidak ada lagi yang namanya MAN 1, MAN 2 atau MA lainnya, yang ada yaitu MA Kabupaten Gresik.
Tidak hanya sukses sebagai penyelenggara, MAN 1 Gresik juga berhasil meraih prestasi dalam berbagai ajang perlombaan. Adapu prestasi yang diraih oleh kontingen MAN 1 Gresik meliputi,
Cabang Atletik
Juara 3 (400 m Putri)
Juara 3 (800 m Putra)
Juara 3 (800 m Putri)
Juara harapan 1 (800 m Putri)
Juara 2 (5000 m Putra)
Juara Harapan 2 (5000 m Putra)
Juara 2 (5000 m Putri)

Cabang Bulu Tangkis
Juara 2 Tunggal Putra
Juara 2 Tunggal Putri
Juara 3 Tunggal Putri
Juara 1 Ganda Putri
Juara 3 Ganda Putri

Cabang Tenis Meja
Juara 1 Tunggal Putri
Juara Harapan 1 Tunggal Putri
Juara 3 Ganda Putra
Juara Harapan 1 Ganda Putra
Juara 2 Ganda Putri

Cabang Catur
Juara 2 Putra
Juara Harapan 2 Putra
Juara Harapan 1 Putri
Cabang Pencak Silat
Juara 3 Putra
Juara 2 Putri

Cabang Voli
Juara 2 Putri

Cabang MTQ
Juara 2 Putra
Juara 2 Putri

Cabang MFQ
Juara 1

Cabang MHQ (Tahfidz)
Juara 2
Juara Harapan 3

Cabang Kaligrafi
Juara 2
Juara Harapan 2

Cabang Desain Grafis
Juara 3

Cabang Pidato Bahasa Inggris
Juara 1 & 2

Cabang Pidato Bahasa Arab
Juara Harapan 1

Cabang Singer
Juara 1 dan 2 Putra
Juara Harapan 1 Putri

Cabang Ishari
Juara 1

Leave a Comment